welcome to my blog,follow: @alfanny_ra

Wednesday, December 26, 2012

cara membuat scrapbook


Hai Anak Asyik,
Pernah mendengar atau melihat “scrapbook”? Apa gunanya dan bagaimana cara membuatnya? “Scrapbook” adalah sebuah proses pengumpulan dan pengklipingan foto-foto di dalam sebuah buku/album yang biasanya ditambahkan beberapa aksesoris (istilahnya: embellishment) agar terlihat lebih menarik.
Nah Anak Asyik, karena isinya tentang suatu momen, tujuan bikin scrapbook ini tentunya sebagai memorabilia yang akan mengingatkan kita terhadap kejadian-kejadian pribadi yang seru.http://www.hlgz.org/tag/scrapbooking-ideas
Terdapat dua jenis scrapbook, yaitu manual dan digital scrapbook. Manual scrapbook adalah cara membuat scrapbook secara konvensional yang bahan-bahannya terbuat dari kertas, aksesoris, dan bahan lainnya yang bisa didapat di toko-toko craft atau beberapa toko buku. Jenis kedua adalah digital scrapbook yang bisa dibuat dengan menggunakan softwaresoftware  komputer khusus untuk edit gambar seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dll.
Nggak punya software-software itu di PC-mu? Kini sudah ada sejumlah website yang menyediakan layanan membuat scrapbook sendiri. Hanya butuh PC dan koneksi internet!
Salah satu website digital scrapbook yang memungkinkan kita berbagi hasil karya kepada orang lain di internet adalah beeclip. Di sini  kita bisa membuat scrapbook foto, namun juga berkreasi dengan video. Situs lain yang juga layak coba adalah Smileboxhttp://pixelbooking.com/
Tertarik membuat digital scrapbook? Yuk simak tips asyik dari Mimin:
  1. Gunakan software 
  1. Mencari Inspirasi
  2.  – Susah cari inspirasi? Jangan bingung lagi Anak Asyik! Saat ini banyak situs dan forum komunitas yang memajang hasil karya para scrapbooker. Contohnya seperti gallerystandout . Di sini banyak hasil karya yang mengagumkan dari para hobbyist.   
  1. Tutorial 
  1. Software Gratis
  2.  – Banyak situs yang menyediakan software gratis untuk para scrapbooker. Anak Asyik bisa mulai mengunduh  berbagai materi untuk pembuatan scrapbook.  Salah satu situs yang menyediakan materi gratis adalah Shabby Princess , di sini kamu bisa mencari materi seperti paper/background(kertas),embellishment (hiasan), Alpha (huruf), dan Cluster/Bragbook (materi yang sudah berbentuk template).  Situs lainnya yang bisa kamu lihat adalah ComputerScrapbook dan Just So Scrappy 

Nah, sudah siap membuat scrapbook?  Bebaskan kreativitas dan imajinasimu untuk membuat scrapbook yang berkesan! Jangan lupa pamerkan scrapbook bikinanmu misalnya sebagai ilustrasi tulisan-tulisan di blogmu. Selamat berkarya!

2 comments: